Monday, December 26, 2022

MengembangkanTeologi Kristen Nusantara





Mengembangkan Teologi Kristen Nusantara

Teologi Kristen harus bisa memberikan kontribusinya bagi pembangunan negara kesatuan republik Indonesia. Sebuah teologi yang merespons kehadiran Kristen di bumi Nusantara, atau yang saya sebut teologi kontekstual Kristen Nusantara.

Peran sekolah tinggi teologi

Untuk mengembangkan teologi kontekstual itu sekolah-sekolah tinggi teologi perlu memainkan perannya. Sekolah-sekolah tinggi teologi perlu mengembangkan teologi akademis. 

Teologi akademis yang selalu mengembangkan teologi-teologi warisan gereja yang dijaga ketat di dalam tata gereja. Teologi akademis perlu berani merevisi teologi gereja yang merupakan warisan gereja.

Para akademisi tentu saja perlu belajar doktrin gereja, tetapi bukan menjadi pasukan yang disiapkan sekadar menjaga kelestarian doktrin gereja. 

Untuk sekolah-sekolah teologi yang didirikan gereja, tugas ini tidak mudah. Apalagi jika gereja yang mendirikan menjadi penyandang dana tunggal.

Sekolah teologi harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Karena itu tidak bisa mengimport begitu saja pemikiran Barat. Pengenalan konteks Indonesia dengan segala keragamannya tidak boleh diabaikan. 

Teologi misi kontekstual harus terus menerus dikembangkan. Teologi itu harus terus berkembang demikian juga penerapannya dalam pelayanan.

Dr. Binsar Antoni Hutabarat


https://www.binsarhutabarat.com/2022/11/mengembangkanteologi-kristen-nusantara.html

No comments:

Post a Comment

Interpretasi terhadap Tuhan beragam karena manusia terbatas.

http://dlvr.it/TDQy4L