Saturday, January 27, 2024

Mengungkap Kejahatan Pendidikan

 


 

Mengungkap Kejahatan Pendidikan

 

Saya setuju pendidikan tinggi merupakan institusi tercepat yang dapat menghadirkan perubahan dalam kehidupan masyarakat, utamanya dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur.

Siapapun yang mengelola pendidikan tinggi perlu menjaga mutu dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan.  Membiarkan pendidikan tinggi tidak bermutu dan membiarkan luaran perguruan tinggi tanpa kompetensi merupakan kejahatan.

Akreditasi merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengawasi mutu pendidikan tinggi sesuai dengan undang-undang pendidikan tinggi. Akreditasi sebagai audit mutu eksternal mengukur, menilai dan mengevaluasi berdasarkan standar eksternal yang ditetapkan pemerintah dalam standar nasional pendidikan tinggi.

Kompetensi lulusan perguruan tinggi yang direncanakan sebuah perguruan tinggi juga ada acuannya, yaitu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), itu ditetapkan untuk membedakan kualifikasi seorang sarjana, magister dan doktor. Apa jadinya Jika lulusan perguruan tinggi yang menyandang gelar sarjana, magister dan doktor itu tidak menghsilkan karya bermutu?

Akreditasi bukanlah cara pemerintah untuk menutup perguruan tinggi, sebaliknya memfasilitasi pengelola pendidikan tinggi untuk melaksanakan kewajiban menghadirkan pendidikan tinggi bermutu. Demikian juga standar kompetensi lulusan yang mengacu pada KKNI menjamin bahwa lulusan perguruan tinggi memiiki kompetensi yang ditetapkan mengacu standar nasional pendidikan tinggi.

Bagaimanakah dengan kondisi pendidikan tinggi keagamaan Kristen di Indonesia?

Berdasarkan level akreditasi yang pada umumnya hanya menduduki akreditasi baik, yang awalnya menggunakan sebutan akreditasi C sudah dapat diduga bahwa mutu pendidikan tinggi keagamaan Kristen di Indonesia masih rendah.

Belum lagi setiap pendidikan tinggi keagamaan Kristen yang didirikan gereja umumnya berafiliasi pada denominasi gereja yang beragam, sehingga ketika sebuah pendidikan tinggi ingin menetapkan profil lulusan lingkup kerja lulusan dibatasi oleh denominasi gereja pendiri pendidikan tinggi teologi itu. Itulah sebabnya luaran perguruan tinggi teologi harus rela mengerjakan apa saja demi mencukupi kebutuhan  hidup mereka karena denominasi gereja membatasi lingkup pelayanan luaran perguruan tinggi.

Masih rendahnya mutu perguruan tinggi teologi Kristen itu menyebabkan animo masyarakat memasuki sekolah tinggi teologi semakin rendah, apalagi integrasi perguruan tinggi teologi dengan pelatihan atau pendidikan warga gereja yang dilaksanakan gereja tidak terjadi.

Rendahnya mutu perguruan tinggi teologi tampak pada input perguruan tinggi yang banyak berkonsentrasi merekrut calon mahasiswa dari daerah tertinggal dengan iming-iming bea siswa dan kelulusan yang mudah.  Menurut saya perguruan tinggi perlu menyadari praktek jahat membiarkan pendidikan tinggi tidak bermutu yang merugikan individu, masyarakat, bangsa dan negara.

Kita tentu setuju program doktor merupakan program penting yang menghasilkan temuan-temuan baru yang bermutu untuk menghadirkan perubahan kearah yang lebih baik. Tapi, apa jadinya jika luaran doktor teologi itu tidak bermutu?

 

https://www.binsarinstitute.id/2024/01/mengungkap-kejahatan-pendidikan.html

No comments:

Post a Comment

Ayat-ayat eksklusif agama, bagaimana menyaksikan nya.

http://dlvr.it/TDH7D7