Friday, September 27, 2024

Aliran sesat

 

 


Aliran Sesat?

Tuduhan sebuah aliran gereja adalah sesat, secara khusus untuk agama dan kepercayaan yang dipeluk masyarakat Indonesia dan di lindungi undang-undang adalah tidak tepat.

Indonesia menempatkan agama pada tempat terhormat. Agama yang berbeda dan beragam itu memiliki kedudukan sama dihadapan hukum. Semua gereja, agama, kepercayaan diakui keberadaannya di Indonesia, dan perlu bergaul dengan semangat persaudaraan.

Tuduhan sesat terhadap gereja Katolik yang disampaikan apologet yang mengaku dari aliran Protestan tentu saja membuat masyarakat Indonesia terlukai.

Katolik adalah agama yang diakui di Indonesia, dan Katolik memiliki Dirjen Bimas Katolik, artinya Katolik keberadaannya di Indonesia dilindungi undang-undang.

Wajar saja jika tuduhan sesat pada Katolik yang dikumandangkan seorang oknum yang menyebut diri apologet Protestan menuai perlawanan, dan memberikan tuduhan balik dengan memberikan label sesat pada aliran Protestan sebagai bidat katolik.

Konflik masa lampau antara Protestan dan Katolik sebenarnya tak perlu diwaris generasi saat ini, apalagi di Indonesia yang menempatkan Katolik dan Protestan sama dihadapan hukum, secara khusus dalam pengakuan sila pertama dari Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kedatangan Paus Fransiskus yang membawa berita perdamaian yang amat memesona dengan kesederhanannya menuai pujian secara luas dari berbagai agama mestinya perlu diteladani,.

Umat Katolik perlu terus mengumandangkan warta damai itu untuk tetap lestari di Indonesia. Demikian juga para apologet yang menyebut diri apologet Protestan perlu belajar dan tidak arogan serat merasa diri paling benar, apalagi merasa memiliki kebenaran dan memiliki kunci pintu keselamatan.

Debat dengan melabelkan yang berbeda sebagai aliran  sesat akan membangkitkan intoleransi agama yang berujung pada konflik antarmereka yang saling menyestkan.

Indonesia tersohor dengan toleransinya, diskusi agama dan perjumpaan agama-agama di Indonesia tidak saling mengalahkan, sebaliknya saling belajar untuk saling memperkaya agama-agama yang berbeda.

 

https://www.binsarinstitute.id/2024/09/aliran-sesat.html 

No comments:

Post a Comment

Kebohongan Sekte Setan!

  Kebohongan Satanic atau Sekte Setan! Informasi terkait beredarnya kitab satanic yang menjadi pedoman pengikut satanic, serta derita ya...