Tuesday, October 15, 2024

Kebenaran baru dan Buzzer

 

Dahlan Iskan: Kebenaran baru dan Buzzer

 Dahlan Iskan yang kini menjadi pembicaraan publik terkait isu pindah agama berkomentar, saat ini kebenaran bukanlah fakta. Kebenaran yang disebutnya kebenaran baru ini bukan fakta, tapai persepsi.

Dengan persepsi atau framing yang digunakan untuk membaca realitas, maka yang penting bukan realitas, tapi persepsi, karena kebenaran baru berpusat pada persepsi, maka fakta menjadi tidak penting, analisis fakta mulai ditinggalkan.

Jika fakta bukan yang utama, maka pencarian kebenara berdasarkan fakta tidak lagi popular, tetapi unsur utama penciptaan kebenaran adalah framing. Menurut Dahlan Iskan, saat ini dunia medsos tidak lagi mencari fakta atau mencari kebenaran, tetapi dunia medsos kerap menciptakan kebenaran baru.

Lebih lanjut dikatakan oleh Dahlan Iskan, untuk mempromosikan kebenaran baru maka Buzzer menjadi utama,  bukan dakwah atau khotbah yang berdasarkan fakta.

Buzzermembuat  kebenaran baru itu menjadi tranding. Buzzer adalah orang yang memanfaatkan akun media sosial untuk menyebarluaskan informasi atau mendengarkan suatu topik atau melakukan suatu promosi maupun iklan dari suatu produk atau jasa pada perusahaan atau instansi.

Jadi pemberitaan kebenaran agama yang mengacu pada fakta melalui dakwah dan khotbah menjadi tidak penting. Sebaliknya, buzzer memegang peran penting untuk menjadikan kebenaran baru menjadi tranding.

Buzzer itu sendiri artinya berdengung, dengungan, desas-desus, atu rumor. Untuk menjangkaui auidiens yang lebih luas. Buzzer merupakan alat untuk menghasilkan suara bising sehingga dapat menarik perhatian. Buzzer bertugas untuk menyampaikan informasi secara berulang untuk menyampaikan informasi secara berulang dengan tujuan menjadikan kebenaran baru itu menjadi tranding. Buzzer mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan,  produk tertentu.

Fungsi utama seorang Buzzer adalah untuk menciptakan fenomena dari mulut ke mulut di media sosial untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang suatu produk.

Dengan mengkampanyekan suatu hal secara terus menerus, buzzer bisa membuat jangkauan suatu brand menjadi lebih luas. Terlebih lagi dengan bantuan media sosial yang bisa diakses tanpa terbatas uang dan waktu.

Selain itu Buzzer dapat mempengaruhi opini publik melalui berbagai kampanye yang mereka suarakan di media social. Layanan buzzer ini biasanya digunakan dalam bidang pemasaran bisnis, dan berbagai kepentingan lainnya.

Aspek negatifnya, Buzzer bisa menggunakan informasi yang keliru, melakukan manipulasi di media sosial, terutama buzzer yang mengkampanyekan isu-isu politik. Apalagi jika mengkampanyekan nilai-nilai eksklusif agama dengan memberikan label bidat pada yang lain.

Dahlan Iskan selanjutnya juga bertanya apa fungsi perguruan tinggi apabila kebenara baru diciptakan oleh persepsi?

Pencarian kebenaran berdasarkan data sebenarnya biasa dilakukan melalui metode penelitian dengan paradigma induktif, yang terkenal dengan istilah Grounded Theory, kebenaran berdasarkan fakta, atau teori yang dibangun berdasarkan data dan fakta.

Disamping paradigma induktif pencarian kebenaran bisa juga dengan cara deduktif, biasa disebut menguji theory, pengujian teori ini juga didasarkan data atau fakta.

Apabila kebenaran baru diciptakan berdasarkan persepsi, maka fakta menjadi tidak penting. Tetapi dalam sebuah penelitian kita bisa memahami bahwa realitas itu tidak dapat kita baca tanpa teori.

Mengapa kebenaran baru menjadi popular, menurut saya karena begitu luas nya penyebaran data yang dapat diakses, demikian juga dengan teori. Karena  data dan fakta dapat ditemukan secara mudah, tetapi memahami relasi teori dan fakta sebaliknyamenjadi tidak mudah, maka cara cepat dan mudah adalah menempatkan persepsi sebagai sesuatu yang mutlak, dan analisis data atau fakta menjadi tidak penting, karena persepsi menjadi utama.

 

https://www.binsarinstitute.id/2024/10/kebenaran-baru-dan-buzzer.html 

No comments:

Post a Comment

Kebohongan Sekte Setan!

  Kebohongan Satanic atau Sekte Setan! Informasi terkait beredarnya kitab satanic yang menjadi pedoman pengikut satanic, serta derita ya...